Support & Downloads

Quisque actraqum nunc no dolor sit ametaugue dolor. Lorem ipsum dolor sit amet, consyect etur adipiscing elit.

s f

Contact Info
198 West 21th Street, Suite 721
New York, NY 10010
youremail@yourdomain.com
+88 (0) 101 0000 000

Jualah.id

tips copywriting

Tips Copywriting dengan Tulisan bisa Menjual Apapun

Sahabat jualah, memasarkan produk dari bisnis online kamu, nggak cuma posting biasa lho. Banyak yang harus diperhatikan juga nih termasuk salah satunya tips Copywriting atau yang biasa kalian kenal yaitu caption! Nah apa sih Copywriting itu? 

Merupakan Tekni Menulis dengan menjual tulisan itu sekilas terdengar mudah. Cantumkan informasi fitur, manfaat, harga, dan cara untuk melakukan pembelian…selesai. Tapi apa yang terjadi selanjutnya?

Tidak ada orang yang mau membeli produk/jasa anda.

Padahal di sisi lain ada saingan anda yang menjual produk yang SAMA PERSIS. Bedanya, dia punya lebih banyak pembeli.. dan pembelinya sangat antusias dengan barang yang dijual. Jika Anda membuat sebuah caption namun captionnya hanya menjelaskan informasi produk saja itu akan sangat membosankan. Pembeli akan tertarik jika Anda memberikan sedikit teknik copywriting di dalamnya. Kalau anda memasarkan produk ke 100 orang… sebelumnya hanya terjual ke 1 orang, tapi dengan teknik copywriting yang tepat sekarang ada 5 pembeli.

5x lipat atau Hingga 500% !!!

Çorlu Pengguna Social Media di Indonesia
sumber gambar : Hootsuite

Apalagi karena sekarang media pemasaran secara online semakin populer mengalahkan pemasaran tradisional. Peran teks dan copywriter sangat dibutuhkan. Dari hasil riset menunjukan pengguna aktif social media di indonesia hingga 59% dari total penduduk, itulah mengapa skill copywriting sangat dibutuhkan.

Nah, sebelum mempelajari teknik copywriting, terlebih dahulu Anda harus memiliki mindset sebagai seorang copywriter.
Memang apa bedanya mindset seorang copywriter dengan orang lain?
Tentu saja beda. Template akan membuat anda kaku.. dan template bisa kadaluarsa. Tidak demikian dengan mindset. Cara berpikir manusia modern tidak pernah berubah sejak jaman homo-sapiens mulai bermunculan…hingga sekarang.
Dengan memiliki pengetahuan ini, anda akan mampu menciptakan copy yang efektif bahkan apabila 1000 tahun ke depan anda masih hidup.
Dan ini bisa anda terapkan dimanapun…
Tips Copywriting, Anda harus mampu menulis tulisan yang akan membuat audience Anda selalu teringat-ingat.
Apa aja sih mindset yang wajib Anda miliki sebagai copywriter?

Leninskiye Gory 1. Copywriter bukan sebagai hanya penulis
Karena jaman dulu media pemasaran hanya tulisan, makanya disebut copy”writing”. Sekarang ada media iklan dan pemasaran berbentuk gambar, video, dan audio.. maka sebagai copywriter tugas anda termasuk membuat konsep gambar dan script dalam video. Yang paling pentingnya bahkan harus tau karakter audiance nya dan apa yang di pikirkan mereka.

2. Tidak ada yang Peduli dengan Bisnis anda
Sebisa mungkin audience Anda tidak merasa ngantuk maupun bosan membaca tulisan Anda, seperti berisi fitur produk atau sejarah produk. Maka dari itu, berilah informasi yang diperlukan audience Anda. Jangan bertele-tele INGAT mereka tertarik karena ada kecocokan dengan permasalahan mereka.

3. Lakukan Penjualan dengan Pelayanan Eksklusif
Jangan menjual kepada semua orang. Banyak produk/jasa memang bisa digunakan oleh semua kalangan mulai dari anak muda, orang tua, pria, wanita, orang yang sukses, orang yang belum sukses…dll.

Yang sering terjadi seperti ini: Anda ingin mendapatkan pembeli sebanyak-banyaknya. Maka dari itu anda membuat sales page yang menargetkan semua kalangan. Harapannya supaya semua bisa membeli. Padahal yang terjadi adalah copy anda jadi tidak efektif sama sekali.

Misalnya penjualan Baju. Umumnya ada 2 jenis pembeli: orang yang ingin membeli Baju untuk di pakai, atau orang yang ingin menjadi Reseller. Keduanya berbeda 180 derajat.

4. Flexible Sesuaikan dengan Pelanggan anda
Mungkin Anda sering berfikir bahwa menulis dengan bahasa baku akan terlihat lebih professional.
Namun, ini tidak berlaku untuk sekarang.
Kenapa? Karena dengan bahasa yang santai juga Anda bisa terlihat lebih professional.

Nah, setelah mindset menjadi seorang copywriter sudah tertanam diotak Anda. Maka Anda bisa memulai untuk membuat copywriting yang menarik, Ini dia Tips Copywriting untuk Sahabat coba…

1. Formula AIDA
AIDA adalah singkatan dari:

  1. Attention
    Buatlah sebuah iklan yang dapat menarik perhatian audience.
    Headline, gambar dan kalimat pembuka merupakan elemen terpenting dalam menarik perhatian audience.
    Dari 3 elemen tersebut, Anda bisa memberi kesan bahwa tulisan Anda “mereka banget”.
    Seperti contoh, “Ingin hilangkan lelah sehabis pulang kerja?”
  2. Interest
    Nah, setelah audience Anda tertarik dengan tulisan Anda, maka jangan biarkan audience Anda berhenti membacanya.
    Sebisa mungkin untuk memberikan informasi sesuai fakta, data statistik, studi kasus dan sebagainya.
    Maka audience Anda akan sadar akan masalahnya dan mereka akan tetap lanjut membaca tulisan Anda.
    Seperti contoh, “Dengan minum jahe (nama merk) Anda mampu membuat badan anda segar kembali esok hari.”
  3. Desire
    Setelah membaca tulisan Anda sampai selesai, buatlah audience Anda menginginkan produk Anda.
    Bagaimana caranya?
    Bermainlah dengan emosi dan logika mereka.
    Dengan menyebutkan keuntungan apa yang akan didapatkan.
    Dengan memancing emosi audience Anda dan berikan solusinya.
    Seperti contoh, “Jahe Merah (nama merk) mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat meredakan nyeri otot atau pegal, jadi bisa membuat badan anda fit kembali.”
  4. Action
    Mungkin sebagian dari Anda tak asing lagi dengan istilah “Call To Action”?
    Yap, Call To Action merupakan ajakan Anda kepada audience untuk mengambil sebuah tindakan.
    Pasti Anda menginginkan audience Anda untuk bertindak bukan?
    Seperti, membeli produk, mendaftar, mendownload, mengirim email dan sebagainya.
    Nah, mulai sekarang Anda bisa menggunakan fungsi CTA yang berupa alamat email, tombol dan sebagainya.
    Sebuah iklan menjadi efektif jika Anda mampu membuat orang yang melihat iklan Anda tertarik.
    Kemudian membangkitkan minat dan keinginan untuk menghubungi Anda.
    Yang Anda perlu lakukan hanya mempermudah mereka untuk menghubungi Anda.

2. Formula PAS
PAS SIngkatan dari :

  1. Problem
    Pada bagian ini anda tuliskan apa masalah calon pembeli yang akan anda belikan solusinya. Contoh kalau anda jualan jahe herbal maka masalahnya Kesehatan? Badan pegal? Dll. Tulis dalam kalimat tanya ya. Seperti contoh tulisan saya ini, paragraf diatas saya tulis pertanyaan Badan Merasa pegal – pegal sehabis pulang kerja?
  1. Agitate
    Untuk bagian ini, tugas anda hanya menakut-nakuti atau membuat khawatir pembaca akibat masalahnya itu. Contohnya jika masalahnya wajah berjerawat tadi maka anda tulis.
    Kalau sudah terlalu capek, dan pastinya bikin kamu ngga semangat lagi, Kerjaanpun akan bermasalah.
  1. Solve
    Nah pada bagian ini, saatnya anda berikan solusi, yaitu produk anda. Anda juga boleh menjelaskan manfaat dan kandungan produk anda di bagian ini dan jangan lupa berikan call to action juga.
    Contohnya di tulisan saya ini, bagian solve nya ya 3 tips ini.
    Oke untuk memperdalam pemahaman anda, saya berikan contoh berikut ini:
    ” Kesibukan yang nggak ada habisnya dan aktivtas makin padat ?
    Tubuh pun jadi gampang capek. Kalau sudah terlalu capek, dan pastinya bikin kamu ngga semangat lagi😫
    Walaupun aktivitas padat, kamu masih tetap bisa semangat kalau minum Jahehabbat dari Princesssamira yang bisa memberi energi pada tubuhmu😉
    Jadi lebih semangat lagi deh walaupun banyak kerjaan! “

Okay setelah anda mempelajari Tips Copywriting diatas, saya mau anda menulis komentar dengan contoh copywriting buatan anda! Ayo ini PR buat anda agar saya menilai seberapa jauh pemahaman anda.